Sabtu, 30 Maret 2013

Olympus has fallen

Satu lagi film Hollywood yang  diputar di bioskop Indonesia dalam waktu dekat ini. Film "Olympus Has Fallen" ini dirilis perdana pada 22 Maret 2013 . Dan ini Sinopsis Film nya.


sinopsis film olympus has fallen
Olympus Has Fallen
Film "Olympus Has Fallen" ini merupakan film drama action berdurasi 120 menit besutan sutradara Antoine Fuqua dan dibintangi oleh aktor-aktor terkenal seperti Morgan Freeman, Gerard Butler, Aaron Eckhart, dan masih banyak lagi.


Film "Olympus Has Fallen" berkisah seputar Olympus (kode agen rahasia untuk gedung putih). Menceritakan ketika sang Presiden diculik oleh seorang teroris yang sangat jenius dan berhasil menguasai gedung putih.

Sementara itu, Mike Bannings (Gerard Butler), seorang pengawal khusus sang Presiden merasa dipermalukan karena tidak berhasil menjaga keselamatan orang nomor satu negeri itu. Selain itu, dia juga terperangkap di dalam gedung putih tersebut.


Dalam perjalanan dari Camp David menuju tempat selanjutnya, nasib naas menimpa sang istri presiden. Mobil yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan. Banning berhasil menyelamatkan sang presiden namun gagal menyelamatkan ibu negara.

Lalu, 18 bulan kemudian, Banning menemukan dirinya bekerja di balik meja. Sang istri, Leah (Radha Mitchell) dan rekan kerjanya, Lynne Jobs (Angela Bassett) melihat perubahan Banning yang drastis. Dia tidak seperti dirinya yang dulu lagi. Banning jauh lebih depresif dan susah untuk diajak bicara.

Sampai akhirnya datanglah hari ketika nasib Amerika Serikat sebagai negara adidaya berubah total. Pada 5 Juli, sekelompok orang yang membawa perdana menteri Korea Selatan berhasil masuk ke Gedung Putih dan mulai menyerang. Keadaan ricuh. Banyak warga sipil tewas, banyak polisi, agen dan tentara yang juga mati dalam aksi itu. Dan, presiden tertahan di bunker kepresidenan sementara sang pemimpin misi ini, Kang Yeonsak (Rick Yune), menginginkan kekacauan penuh.

Allan Trumbull (Morgan Freeman) mengambil alih posisi presiden dan harus melakukan tindakan selanjutnya. Di saat keputusasaan melanda, Trumbull mendapatkan informasi bahwa Banning telah berhasil masuk ke Gedung Putih dalam upaya menyelamatkan presiden. Dan, di tangan Banning-lah nasib Amerika Serikat bergantung.

Film ini juga berhasil menyelipkan beberapa informasi penambah wawasan yang membuatnya jauh dari kesan hambar dengan rating R. Secara taktis film ini berhasil memberitahukan secara kamuflasif tentang bagaimana hubungan AS dengan negara-negara di Semenanjung Korea dan kebijakan-kebijakan apa yang bisa berpengaruh di dalam peta politik ini. Menarik juga karena film ini menyinggung Zona Non-Militer (disebutkan sebagai DMZ), sebuah bagian dari perselisihan Korea Utara-Selatan yang sering kali jadi perdebatan politik.
 
Meski demikian tetap ada beberapa hal yang saya catat sebagai minus untuk Olympus Has Fallen.
Pertama, ada beberapa bagian yang sebenarnya tidak perlu, atau kesannya sekadar pemanis dari film ini. Ada adegan-adegan yang masuk sepertinya agak dipaksakan –meskipun cukup membantu untuk memahami alur cerita– dan konfliknya tersentral hanya di dua latar: Gedung Putih dan Pentagon. Ya meskipun ini film tentang penyerangan satu gedung, tetapi mestinya beberapa bagian lain bisa lebih dieksplor. Keputusan Fuqua menampilkan potongan-potongan adegan interim berupa tayangan berita juga membuat skema alur sedikit riuh.
Kedua, ada beberapa logika yang meleset dan sulit dipahami. Saya mengambil contoh adegan pesawat sejenis Antonov yang menyerang Gedung Putih dengan begitu dekat sampai menewaskan banyak orang. Di dalam realitanya, setiap pesawat asing yang tidak memiliki izin terbang di wilayah Amerika sudah langsung dicegat atau diburu sebelum memasuki kota-kota vital. Apalagi ini Washington dan Gedung Putih. Beberapa dokumenter yang pernah saya tonton pasca-peristiwa 11/9 menggambarkan bahwa pertahanan AS tak semudah itu ditembus secara telanjang. Dugaan saya, ini sengaja dijadikan bagian penting pembangun teror di awal cerita film, yang memang berhasil.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar